Telkomsel Dukung Pembangunan Smart City di Indonesia

3/15/2015 12:24:00 AM 0 Comments

Barcelona - Banyak negara yang sudah mengembangkan konsep smart city alias kota pintar seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih. Bagaimana di Indonesia? Kini, di beberapa kota telah dimulai pengembangan kota pintar ini. Pengembangan smart city ini juga didukung penuh Telkomsel. 
http://images.detik.com/content/2015/03/05/328/smartcitydalem.jpg
Saat ini Telkomsel telah melakukan pengembangan smart city di beberapa kota dengan melakukan kerjasama dengan walikota dan bupati yang memiliki visi yang sama. Nantinya Telkomsel akan mendukung pengembangan smart city di seluruh Indonesia, sebagai salah satu upaya untuk turut membangun ekosistem digital di Indonesia.

"Smart city telah menjadi visi banyak kota di dunia untuk mewujudkan keteraturan dalam sistem interaksi di masyarakat sehingga dapat menciptakan efisiensi waktu dan sumber daya," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Ardiansyah dalam kesempatan diskusi bersama media di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona, Spanyol. 

Salah satu yang dikembangkan Telkomsel adalah membangun sensor-sensor dengan berbagai tujuan sesuai kebutuhan daerah masing-masing. 

"Platform Smart City juga dapat menjadi sumber informasi pemerintah mengenai akan apa yang terjadi di lingkungan dan masyarakat yang dilayaninya dengan cepat, sehingga pengambilan keputusan dapat diambil segera dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirimkan oleh sensor-sensor yang terhubung dalam satu kesatuan sistem tersebut," kata Ririek. 

Telkomsel bersama Telkom Group telah menyiapkan Smart City Platform berupa sistem terintegrasi yang menciptakan interaksi yang tepat sasaran antara pemerintah sebagai penentu kebijakan, masyarakat sebagai komunitas yang perlu mendapatkan pelayanan dan kualitas hidup yang baik, serta Telkomsel yang membangun konektivitas sebagai medium komunikasi dan informasi dalam sistem tersebut.

Pengelolaan Smart City dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai permasalahan, seperti limbah, transportasi, kependudukan, kesehatan, pendidikan, pengairan, perumahan dan masalah perkotaan lainnya. Dengan pembangunan sistem dan sensor Smart City, masalah sosial bisa ditekan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih cepat dan efisien

0 komentar: