Sesudah 5G, Akankah Berlanjut Sampai 6G?

3/15/2015 12:27:00 AM 0 Comments

Barcelona - Jaringan seluler 4G LTE (Long Term Evolution) mulai dinikmati masyarakat Indonesia dan berbagai belahan dunia. Kini, pembicaraan sudah mengarah pada konektivitas 5G yang mungkin dikomersialkan 5 tahun lagi. Akankah berlanjut ke 6G, 7G dan seterusnya?

Menurut Thomas Jul, President Direktur Ericsson Indonesia, perkembangan teknologi seluler tersebut dipastikan akan terus terjadi. Sesudah era 5G, teknologi konektivitas baru akan muncul yang mungkin dinamakan 6G dan seterusnya.
http://images.detik.com/content/2015/03/04/328/141339_465167052.jpg
"Teknologi itu akan terus berkembang. Hal-hal seperti solusi lalu lintas pintar membutuhkan koneksi lebih cepat. Kedatangan 5G misalnya, memungkinkan sesuatu yang baru akan bermunculan dan bermanfaat secara ekonomi," ucap Thomas di sela Mobile World Congress 2015 yang turut dihadiri detikINET.

Ya, kemunculan teknologi seluler baru seperti 4G dan nantinya 5G memang dibutuhkan karena membawa manfaat besar bagi masyarakat. Koneksi lebih cepat akan membantu perekonomian serta memudahkan kehidupan warga. 

Kedatangan 5G yang membawa konektivitas stabil dan ngebut dipastikan membawa transformasi besar dalam berbagai hal. Misalnya mewujudkan kota pintar di mana semua hal terkoneksi dengan internet. 

Dari kendaraan, lampu lalu lintas sampai rumah tangga akan terhubung satu sama lain. Maka akan terwujud konsep yang disebut Ericsson sebagai networked society atau masyarakat yang terhubung.

"Konektivitas 5G itu adalah semacam evolusi dari jaringan 4G. Isu isu teknologi akan teratasi di 5G," kata Thomas. Tingkat low latency pun akan semakin membaik.

Menurut Thomas, isu yang harus diatasi adalah sumber daya spektrum yang terbatas. Maka, pemakaian spektrum harus lebih efisien dan efektif.

Sebelumnya, Ericsson telah memprediksi kalau tahun 2020, pelanggan 4G LTE menyentuh angka 3,5 miliar. Pelanggan WCDMA/HSPA masih yang terbesar dengan jumlah mencapai 4,4 miliar. Sedangkan pemakai GSM/EDGE bisa dibilang tinggal menunggu waktu untuk punah.

Pada tahun 2020 itu juga, Ericsson meramalkan bahwa era konektivitas 5G akan dimulai. Ya, diperkirakan kalau layanan 5G sudah dapat dikomersialkan dalam rentang waktu lima tahun dari sekarang. Ericsson pun mulai rajin melakukan riset dan pengembangan 5G.

0 komentar: