Fitur Halo-halo di WhatsApp Sudah Bisa Dijajal

3/12/2015 06:18:00 AM 0 Comments

http://images.detik.com/content/2015/03/12/317/whatsappcall460_1.jpg 
Jakarta - Rencana WhatsApp yang ingin menghadirkan fitur halo-halo di layanannya segera terealisasi. Beberapa hari belakangan layanan yang telah dimiliki Facebook ini sudah mulai menjajalnya ke sejumlah pengguna.

Tapi karena sifatnya masih trial, maka tak semua pengguna WhatsApp bisa merasakan. Selain itu ada syarat yang harus dipenuhi yakni versi aplikasi WhatsApp yang digunakan sudah harus yang versi 561.

Namun aplikasi WhatsApp versi 561 tak akan ditemukan di situs resmi WhatsApp. Karena dari penelusurandetikINET, di situs resmi WhatsApp cuma mentok aplikasinya di versi 560. Sedangkan aplikasi WhatsApp yang versi 561 malah ditemukan di situs aplikasi pihak ketiga semisal APK market, dan yang lainnya. Bisa jadi WhatsApp sengaja tak meletakkannya di situs miliknya karena statusnya belum final.

Tapi setelah menginstal aplikasi WhatsApp versi 561 pun pengguna tak akan bisa langsung menjajal fitur voice call WhatsApp. Sebagian pengguna memang mengaku langsung bisa menggunakannya, tapi bila menu fitur halo-halonya tidak muncul berarti pengguna harus ditelepon dulu oleh pengguna lainnya yang fitur halo-halonya sudah bisa digunakan.

Saat ditelepon tampilannya terlihat mirip dengan menu halo-halo dari layanan pesan instan lainnya, semisal Skype, Line, dan lain-lain. Namun dengan tulisan ‘WhatsApp Call’ di bagian atasnya.

Setelah ditelepon, seharusnya akan muncul menu tab baru di bagian atas aplikasi WhatsApp. Menu tab tersebut diisi oleh pilihan calls, chats dan contacts. Tab ‘calls’ isinya adalah history percakapan WhatsApp call, sedangkan sisanya merupakan tampilan yang sebelumnya sudah ada yakni tampilan obrolan dan kontak WhatsApp.

Ingin menelepon pengguna WhatsApp lainnya? Cukup pilih salah satu kontak yang ingin dihubungi dari tab ‘contacts’. Kemudian di bagian atas yang ada ikon paperclip untuk meng-attach file, seharusnya disebelahnya akan terdapat ikon telepon bila fitur hal-halonya sudah aktif.

Tinggal tekan ikon telepon, maka WhatsApp pun akan menghubungkan dengan pengguna lain lewat fitur halo-halo. Tapi pastikan pengguna yang dituju juga sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi 561, karena bila tidak aplikasi akan menolak penggilan yang dilakukan.

whatsapp call (detikINET)

Meski beberapa pengguna WhatsApp sudah bisa mencobanya, ada beberapa pengguna lain yang meski sudah menginstal aplikasi WhatsApp versi 561, tapi tetap tidak bisa terhubung. Kalaupun terhubung, tapi tak ada suaranya.

Mungkin karena fitur halo-halo ini masih sebatas trial, jadi memang belum beroperasi sepenuhnya. WhatsApp sendiri belum menyampaikan pengumumkan kapan fitur halo-halo di layanan miliknya akan mulai diaktifkan.

0 komentar: