Ini Aksesoris Wajib New MacBook

3/10/2015 06:14:00 AM 0 Comments

http://images.detik.com/content/2015/03/10/317/usbtypecdongle.jpg
Jakarta - New MacBook yang telah diumumkan Apple tampil dengan desain yang semakin tipis dan juga lebih ringan. Namun sayang desain yang diusungnya itu terpaksa mengorbankan colokan konektivitas. Tapi jangan khawatir, Apple juga merilis sebuah aksesoris yang jadi jawabannya.

Tak seperti MacBook generasi sebelumnya, di New MacBook, Apple memangkas jumlah port konektivitas yang ada jadi cuma dua port, yakni port audio dan port USB-C. Tapi tentu bukannya tanpa alasan, karena port USB-C meski hanya satu port bisa kompatibel dengan berbagai standar konektivitas.

Jadi port USB-C itu multifungsi, bisa berfungsi sebagai port untuk charger, HDMI, VGA, standar USB, dan juga DisplayPort. Memang terdengar mengagumkan, namun masalah baru terasa tatkala pengguna ingin menghubungkan dua sambungan dalam satu waktu.

Karena hanya ada satu port, pastinya hal itu tak bisa dilakukan karena harus saling bergantian. Artinya saat port USB-C tengah dipakai untuk charger, pengguna tak bisa menghubungkan flashdisk atau kabel HDMI.

Tapi tentu Apple sudah menyiapkan jawaban untuk hal tersebut. Yakni hadir dalam bentuk sebuah aksesoris yang dihargai senilai USD 79 atau sekitar Rp 1 juta. Aksesoris yang dimaksud adalah sebuah dongle 3-in-1.

Layaknya sebuah USB Hub, dongle ini punya tiga port terpisah yang bisa dipakai pengguna. Port-port tersebut adalah port USB 3.0, HDMI atau VGA, dan juga port USB-C lagi. Dengan begitu pengguna bisa menggunakan misalnya port HDMI dan flashdisk secara bersamaan.

0 komentar: