Keliling Kota di Jawa Bali, Sampai Menyelam di Pulau Komodo

9/26/2014 06:35:00 AM 0 Comments

Google Street View merupakan sebuah fitur Google Maps yang diperkenalkan tahun 2007 dan menyediakan pemandangan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota pilihan mereka dan wilayah metropolitan sekitarnya pada tingkat dasar. Ketika diluncurkan tanggal 25 Mei 2007, hanya lima kota yang dimasukkan. Kemudian berkembang ke lebih dari 40 kota, dan meliputi pinggiran kota, dan kota-kota terdekat di Amerika.



Google Street View, ketika dioperasikan, menampilkan foto yang sebelumnya diambil oleh kamera di atas sebuah kendaraan, dan dapat dijelajahi menggunakan tombol panah di keyboard atau mouse dengan menekan panah di layar. Menggunakan cara ini, foto dapat dilihat dalam berbagai ukuran, dari arah manapun, dan berbagai sudut. Garis yang diperlihatkan di sepanjang jalan menandai arah yang diikuti oleh jalan itu.

Kini, di Indonesia juga sudah bisa memanfaatkan layanan yang merupakan perkembangan dari Google Maps itu. Tetapi hanya terbatas pada 4 kota besar, yaitu Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Denpasar. 4 kota ini adalah kota-kota pertama yang bisa dijelajahi di Google Street View. Nantinya Google akan memperluas layanannya sampai bisa mencover ke seluruh kota-kota yang ada di Indonesia. Dikatakannya, pengambilan image di 4 kota ini harus rapi. Proses ini yang menurutnya memakan waktu lama. Jadi, gambar di satu titik lama proses pengambilannya bisa berbeda-beda. Blusukan ke kota-kota di Indonesia, Google berkomitmen untuk tetap menjaga privasi pengguna. Google hanya akan mengambil gambar untuk tempat-tempat umum saja. Apabila terdapat wajah seseorang atau plat nomor mobil, akan disamarkan. Foto yang ada di Google Street View pun bersifat real time, jadi bisa dihapus dan diubah sewaktu-waktu bila ada orang yang keberatan fotonya ada di Google Street View. Google akan tetap menjaga privasi masyarakat dan menaati peraturan yang ada.

STREET VIEW OCEAN
Selain untuk menelusuri jalanan di kota, Google Street View juga menyediakan layanan khusus untuk "menyelam" di lautan maupun samudra di dunia. Jadi kita bisa mengetahui isi bawah laut tanpa harus menyelam, melainkan hanya dengan menggeser tangan kita.

Kali ini, Google memberi sedikit "surprise" bagi manyarakat Indonesia, dalam peluncuran Google Street View Edisi Indonesia. Yaitu, Google juga membuat kita bisa "menyelam" di bawah Laut Taman Nasional Pulau Komodo. Ini adalah suatu kejutan bagi indonesia karena di negara lain Google tidak pernah menyertakan edisi Street View Ocean pada saat peluncuran. Dengan adanya layanan ini, kita bisa melihat betapa indahnya Taman Bawah Laut Pulau Komodo. Kita bisa melihat terumbu karang yang berjajar rapi di bawah laut.

Kita dapat mengakses Google Street View melalui link ini, atau apabila kalian punya smartphone berbasis Android dan iOS, bisa mengakses melalui aplikasi Google Maps di Google Play atau App Store.(Create by DAVID)

0 komentar: