Plus Minus UN Online (Bonus Artikel)

3/10/2015 05:26:00 AM 0 Comments

Selain Ujian kopetensi selanjutnya ada ujian yang lainnya akan menyusul, seperti Ujian TryOut, Ujian Sekolah dan empuhnya Ujian yaitu UN (Ujian Nasional). Nah, yang menjadi pembicaraan kalangan siswa yaitu sistem UN apa yang akan di gunakan Online atau Manual. :?:
Kalau untuk di daerahku berita yang beredar di media Online bahwa Kota Palu belum siap melaksanakan UN secara Online. Ada beberapa hal yang menjadi kendala, salah satunya listrik Kota Palu yang belum stabil (Sering Pemadaman Bergilir) dan jika di paksakan untuk UN secara Online, maka beresiko merugikan para siswa peserta ujian. Masa nanti lagi enak-enaknya menjawab soal UN ee… listrik padam. :(
Terlepas dari itu semua, tujuan dari UN Online dilaksanakan adalah untuk meniadakan kekurangan pada pelaksanaan UN manual. Ujian berbasis kertas dinilai masih banyak memiliki kelemahan. Di antaranya, bentuk soal yang digunakan pada suatu tes sulit dibuat bervariasi. Selain itu, juga memerlukan banyak biaya penggandaan, termasuk untuk pengamanan kerahasiaan soal dan meminimalisir terjadinya kecurangan saat UN. berikut ini Keuntungan Dan Kekurangan UN Online yang dihimpun dari beberapa sumber. silahkan disimak :
Dimulai dari Keuntungan UN Online
  • Dari Segi Waktu, Hemat 30 persen
    Kalau UN bersistem manual siswa peserta harus memerlukan waktu untuk menghitamkan lembar jawaban, lalu jika terjadi kesalahan harus dihapus memakai penghapus. Jika UN Online, kita sebagai peserta UN tidak perlu melakukan hal seperti itu, kita tinggal jawab saja kemudian jika terjadi kesalahan tinggal klik aja. Jadi UN Online lebih efisien soal waktu.
  • Pemerintah Lebih Hemat Biaya.
    Pelaksanaan ujian nasional (UN) online atau Computer Base Test (CBT) Pemerintah bisa menghemat dibandingkan sistem UN sebelumnya yang dilakukan dengan menggunakan kertas ujian atau manual.
    Salah satu contoh “Soal pengadaan komputer, pemerintah bisa menghemat biaya karena komputer yang di sediakan untuk UN tahun ini bisa di gunakan untuk UN tahun yang akan datang dan beberapa sekolah fasilitas komputernya sudah ada yang memadai untuk melaksanakan UN secara Online.” jadi biayanya bisa ditekan.
    Jika dibandingkan dengan menggunakan sistem UN manual atau kertas, Anda bisa bayangkan berapa biaya untuk menyediakan Soal dari kertas dan lembar jawaban. Kemudian pemakaiannya hanya sekali pakai aja. Contoh lainnya coba Anda ingat-ingat penyelenggaran UN tahun lalu. :)
  • Meminimalisir Terjadinya Kecurangan
    Katanya UN Online itu bisa meminimalisir terjadinya kecurangan, karena setiap siswa berbeda soalnya. Kemudian Soal UN nya lebih bervariasi.
  • Kerahasiaan Soal Lebih Terjamin
    Langkah menggunakan sistem UN Online untuk meniadakan kekurangan yang sering terjadi pada UN sistem manual atau kertas, salah satunya kerahasiaan soal UN. UN Online bisa meminimalisir terjadinya kebocoran soal.
Kekurangan dari UN Online
  • Ketersedian Internet Belum Merata
    Salah satu kendala dari pelaksanaan UN Online yaitu ketersediaan internet masih sangat terbatas, kemungkinan trouble besar.
  • Belum Siapnya Penguasaan Pengoprasian Komputer dan Internet
    Salah satu kendalah besar dari UN Online adalah kesiapan dan penguasaan internet dari para guru pengajar, sebagai penyelenggara harus mengajarkan sejak dini kepada para peserta. Karena sering kali, ketika fasilitas sudah tersedia dan siap pakai justru para penggunanya yang tidak bisa mengoperasikannya. “Persiapan dan penguasaan internet yang tidak merata juga menjadi salah satu kendala nantinya.”
Meski Ujian Nasional (UN) bukan menjadi penentuan kelulusan dan syarat untuk masuk Perguruan Tinggi (PT), tetapi rasa gregetnya tetap sama. Tetapi, modal yang terpenting sebelum UN adalah belajar lebih giat agar mendapat hasil yang memuaskan.
Itulah keuntungan dan kekurangan UN Online. Semoga artikel ini bermanfaat. ;)

0 komentar: