Paten Apple Ungkap iPhone Anti Air

3/10/2015 06:22:00 AM 0 Comments

http://images.detik.com/content/2015/03/10/317/091247_iphone666.jpg
Jakarta - Ponsel waterproof bukanlah sesuatu yang baru. Beberapa vendor sudah lebih dulu membuat ponsel tahan air, Sony salah satunya. Mungkin bagi Apple, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Apple sepertinya juga akan membuat iPhone-nya bisa diajak basah.

Si pembesut iPhone baru saja mendaftarkan paten yang menjelaskan soal smartphone tahan air. Dalam deskripsi patennya yang diajukan lembaga paten Amerika Serikat (AS), Apple menyebutnya sebagai 'Methods for shielding electronic components from moisture'.

Seperti detikINET kutip Softpedia News, Selasa (10/3/2015), proses yang digambarkan antara lain, metode melindungi komponen sensitif di dalam perangkat, menggunakan teknologi yang disebut sebagai teknologi vapor disposition. 

Sebagai ganti 'membungkus' seluruh perangkat, Apple memilih untuk melapisi komponen penting seperti PCB (printed circuit board) dengan lapisan hydrophobic. Material ini disebut-sebut sangat tipis.

Proses menempatkan komponen-komponen penting ini pun nantinya akan lebih rumit. Diperlukan gasfluoropolymer dan tegangan tertentu sehingga gas berubah menjadi plasma dan melekat erat pada komponen.

Tentunya, teknik rumit ini akan menemui tantangan. Contohnya, struktur internal seperti electromagnetic interference (EMI) tidak memungkinkan lapisan hydrophobic membungkus semua komponen.

Memang belum diketahui apakah Apple akan mewujudkan paten ini dalam sebuah produk atau tidak. Karena tidak semua paten Apple akhirnya benar-benar menjadi produk. Namun menarik jika Apple pada akhirnya mengekor vendor lain yang sudah lebih dulu membuat ponsel tahan air, dengan teknologi baru yang dipatenkannya.

0 komentar: