Muncul Spekulasi Kecelakaan Alonso

3/10/2015 05:46:00 AM 0 Comments

Eropa – Setelah Fernando Alonso kecelakaan dalam uji coba di sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (22/2) muncul berbagai spekulasi penyebab kecelakaannya.

Saat itu mobil McLaren-Honda MP4-30 yang dikemudikan Alonso bablas keluar lintasan, menghantam dinding sirkuit usai keluar tikungan tiga.

Ia dievakuasi dengan ambulans dan dibawa ke medical centre sirkuit, lalu diterbangkan ke rumah sakit. Tim McLaren tidak mengatakan apa-apa tentang kecelakaan misterius itu.

“Kecelakaan Fernando hal yang bisa saja terjadi dalam uji coba,” jelas racing director McLaren, Eric Boullier. “Beberapa laporan media telah membesar-besarkan kejadian ini. Ini hanya kecelakaan normal uji coba,” lanjutnya.

Tetapi di paddock dan saksi mata bersikeras penyebab kecelakaan itu tetap tidak dapat dijelaskan. Dari foto yang tampak, mobil tidak rusak berat. NamunAlonso tidak ada respons dan harus dibius dalam perjalanan ke rumah sakit. 

Muncullah berbagai spekulasi. Ralf Bach dalam blognya f1-insider.com menulis, “Mengapa fotografer melaporkan kepalanya menyender ke samping sebelum kecelakaan?”

Sebastian Vettel yang pada kejadian itu tepat di belakang Alonso mengatakan, melihat mobil McLaren bergerak lambat tiba-tiba meliuk ke dinding itu ‘aneh’.

“Tidak seperti kecelakaan. Dia beberapa kali membentur dinding sampai lepas dari pandangan saya,” ujarnya.

Surat kabar Jerman, Bild mempertanyakan sistem pembangkit energi kinetik mobil McLaren-Honda yang kerap bermasalah. “Apakah Alonso tidak sadar atau mengantuk karena menghirup asap beracun baterai? Apakah ia kesetrum?” tanya Bild berspekulasi.

Majalah Jerman, Auto Motor und Sport menulis, “Fotografer melaporkan pada kejadian itu tampak seolah-olah Alonso sengaja mengarahkan mobilnya ke dinding.”

Manajer Alonso, Luis Garcia Abad membantah pusing bisa menjadi penyebab kecelakaan. “Ada embusan angin kencang dan mendorongnya ke dinding,” jelasnya pada media Spanyol. Hal sama dialami Carlos Sainz Jr yang kecelakaan di tikungan tiga.

Abad juga tidak sependapat ada yang menyebutkan kecelakaan disebabkan rusaknya suspensi atau sayap depan. Ia belum mau bicara lebih lanjut.

Hingga hari Senin, Alonso masih berada di rumah sakit. Penyebab kecelakaannya masih misteri. (otosport.otomotifnet.com)

0 komentar: