Ferrari SF15-T Ditargetkan Setidaknya Meraih 2 Kemenangan

3/10/2015 06:36:00 AM 0 Comments

Italia – Bos baru tim Ferrari, Maurizio Arrivabene menargetkan timnya setidaknya meraih 2 kemenangan di musim balap 2015 lewat mobil baru SF15-T.

Hal itu ditegaskannya saat memperkenalkan mobil SF15-T, Jumat (31/1). Tahun lalu Ferrari menjalani musim yang buruk, tanpa kemenangan dan hanya dua kali naik podium.

“Saya realistis saja. Saya tidak ingin mengatakan kami akan memenangkan gelar juara dunia, tetapi kami berkomitmen setidaknya untuk memenangkan dua balapan,” ujar Arrivabene. 

Mengenai sosok SF15-T, ia berkomentar, “Dulu Enzo Ferrari (pendiri tim Ferrari) mengatakan, mobil terbaik adalah mobil yang menang. Tahun lalu kami memiliki mobil yang jelek dan itu bukan mobil menangan,” jelasnya.

Ya, desain mobil sekarang terlihat lebih baik dari sebelumnya. “Saya suka mobil ini dari segi estetika. Saya belum tahu tentang performanya, tetapi dia benar-benar seksi,” kata pria kelahiran Brescia, Italia pada 1957 itu.

“Mobil tahun ini lebih enak dilihat dibanding tahun lalu,” timpal direktur teknik, James Allison. “Bagian depannya cantik, dengan belakang yang menyempit, membuat mobil ini tampak bagus,” imbuhnya.

SF14-T hadir di tengah pergolakan, setelah tim melakukan pembenahan di sektor manajemen tim dan tokoh-tokoh kunci di bagian sasis, mesin, strategi dan ban. 

“Orang-orang sudah berubah, organisasi telah berubah dan kita benar-benar fokus mempersiapkan awal musim balap,” terang direktur mesin Mattia Binotto. 

Kepala desainer Simone Resta menambahkan, “Pengembangan SF15-T dilakukan di semua sektor, dengan pusat perhatian pada instalasi mesin dan performanya.”

Salah satu masalah besar tim merah tahun lalu, kurang bagusnya performa sasis dan mesin. Tahun ini kedua sektor itu diperbaiki agar lebih harmonis.

Ferrari tampak kewalahan dengan perubahan besar regulasi baru, ketika dimulainya era baru mesin V6 turbo di musim 2014.

Sebagai tim yang selalu berpartisipasi sejak F1 dimulai pada 1950, Ferrari menjadi tim paling sukses. Memiliki rekor 221 kali menang, tetapi terakhir kali menang pada 2013 di GP Spanyol. 

Di musim 2013 itu Ferrari hanya 2 kali menang. Arrivabene pun tidak muluk-muluk, hanya menargetkan 2 kemenangan seperti di 2013.

SF15-T akan jadi andalan dua juara dunia Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel yang baru bergabung. Vettel akan mengemudikan si seksi untuk pertama kalinya saat uji coba pramusim dimulai 1 Februari nanti di Jerez, Spanyol. (otosport.otomotifnet.com)

0 komentar: