4 Tekmologi Mobl Masa Depan

3/14/2015 05:19:00 AM 0 Comments

Ilustrasi
Jakarta - Anda mungkin sering melihat mobil canggih di film-film yang tampaknya mobil tersebut tidak akan pernah ada di dunia nyata.

Namun, jika melihat perkembangan teknologi pada mobil sejak mobil pertama kali diciptakan, hal yang tadinya mustahil diciptakan ternyata bisa juga direalisasikan. Yang sedang tenar saat ini adalah mobil yang dapat mengemudi sendiri yang diperkenalkan oleh Google.

Belum lagi teknologi mobil listrik yang dulu orang-orang pesimis bahwa hal tersebut dapat diciptakan, ternyata saat ini sudah banyak mobil listrik yang diproduksi massal. Bahkan, tak lama lagi mobil listrik Tesla akan segera masuk ke Indonesia.

M­elihat perkembangan teknologi mobil yang seperti tidak ada batasnya, berikut ini adalah teknologi yang akan merevolusi cara berkendara manusia modern dalam 10 tahun ke depan.

1. Mobil autonomous
Anda mungkin pernah mendengar tentang mobil ini. Ini adalah mobil yang dapat berkendara sendiri berkat adanya sistem kamera, sensor, radar, laser, dan GPS pada mobil itu.

Mobil autonomous yang paling terkenal saat ini adalah milik Google yang sudah diujicobakan selama beberapa tahun belakangan. Namun, produsen mobil lain terus berusaha mengembangkan teknologi mobil autonomous ini agar dapat diproduksi massal selama satu dekade ke depan.

Lalu, apa manfaat dari mobil yang dapat bergerak sendiri ini? Tentu saja akan mengurangi tingkat kemacetan, mengurangi risiko kecelakaan, dan yang terpenting adalah Anda tak perlu repot mengemudi sambil menelepon atau dandan selama di perjalanan. Anda tidak akan lagi membuang-buang waktu di jalanan karena macet, sebab Anda bisa fokus bekerja di mobil tanpa harus memerhatikan jalanan.

2. Mobil listrik yang lebih murah
Mobil listrik saat ini memang sudah diproduksi massal, terutama di Amerika Serikat karena prasarananya sudah mendukung. Namun, masih banyak orang yang enggan untuk membeli mobil listrik karena harganya yang mahal.

Hal itu disebabkan oleh baterai mobil listrik Lithium Ion yang sangat mahal. Jika harga baterai tersebut tidak turun, harga mobil listrik juga tidak akan turun.

Akan tetapi, para peneliti mulai mengembangkan baterai yang terbuat dari lithium polymer yang dipercaya lebih tahan lama, lebih ringan, lebih mudah beradaptasi, dan lebih murah untuk diproduksi. Dengan demikian, harga mobil listrik juga akan semakin murah.

3. Fitur pengaman aktif
Mobil-mobil modern dan canggih saat ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur keselamatan, antara lain anti-lock brakes system, forward collision warning, adaptive cruise control, dan lain sebagainya. Namun, satu lagi fitur keamanan yang belum banyak digunakan oleh para produsen mobil, yakni display transparan di kaca depan mobil.

Beberapa mobil saat ini memang sudah dilengkapi layar display yang akan menampilkan informasi seberapa cepat mobil melaju dan sedang pada posisi gigi berapa.

Namun, ke depannya, layar display ini akan menampilkan informasi yang lebih lengkap lagi sehingga pengemudi tetap dapat melihat ke depan (jalanan) sambil melihat informasi yang disediakan, misalnya petunjuk jalanan akan berbelok ke kanan atau kiri, petunjuk nama jalan, kondisi kemacetan, dan sebagainya.

4. Komunikasi antar-mobil
Teknologi komunikasi antar-mobil juga merupakan yang dinanti-nanti oleh para produsen mobil. Dengan teknologi ini, setiap mobil dapat berkomunikasi dengan mobil lainnya menggunakan transmiter yang dipasang di setiap mobil. Dengan demikian, setiap mobil dapat bertukar data mengenai kecepatan yang digunakan dan lokasi yang dilewati.

Dampak positifnya adalah setiap mobil jadi dapat mengetahui daerah mana yang sedang macet, serta setiap mobil juga dapat menghindari menabrak satu sama lain berkat adanya komunikasi tersebut.


0 komentar: