TRIO Buat E-Commerce Bareng SingPost

3/09/2015 05:30:00 AM 0 Comments

http://images.detik.com/content/2015/03/09/319/163404_trio.jpgJakarta - ‎Sugiono Wiyono terus melebarkan sayap bisnisnya. Setelah menguasai jalur distribusi ponsel, pulsa, siaran berbayar, media elektronik, dan kuliner, kini taipan lokal itu pun ikut merambah bisnis e-commerce yang tengah marak belakangan ini.

Yang digandeng Sugiono untuk jadi mitra e-commerce Trikomsel Oke miliknya bukan sembarang perusahaan. Ia memilih Singapore Post alias SingPost, perusahaan logistik asal Singapura yang sudah merambah pasar e-commerce Asia.

Kedua perusahaan telah sepakat untuk membentuk perusahaan patungan di Indonesia dimana Trikomsel akan mengambil kepemilikan saham sebesar 67% dan SingPost melalui anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya yakni SP eCommerce, akan mengambil kepemilikan sisanya yakni sebesar 33%. 

SP eCommerce akan memberikan layanan e-commerce termasuk penggunaan teknologi, manajemen operasi, pergudangan, pengiriman dan linehaul, pembayaran dan parcel collection, pemasaran digital dan dukungan pasca penjualan. Sedangkan Trikomsel akan membantu pengembangan toko online di Indonesia.

"Kami antusias, di tengah pertumbuhan e-commerce yang begitu cepat di dunia dan khususnya di Indonesia, kami dapat bekerjasama dengan SingPost dalam mengembangkan bisnis ecommerce di Indonesia," ujarnya dalam email yang diterima detikINET, Senin (9/3/2015).

‎Dijelaskan olehnya, tujuan strategis kerja sama ini adalah menjadi partner utama bagi merk dan merchant bisnis e-commerce di Indonesia yang sedang tumbuh cepat. 

Hal ini dilakukan dengan penyediaan logistik dan omni channel e-commerce bagi perusahaan-perusahaan global terkemuka dan merk-merk terkenal di Indonesia. 

Kemitraan ini juga akan menggabungkan kelebihan Trikomsel dalam kepemilikan jaringan distribusi yang luas di Indonesia dan keahlian SingPost dalam operasional logistik dan e-commerce secara regional.

“Dengan keahlian, teknologi, dan sumber daya yang kuat dimiliki kedua belah pihak, kami optimistis kerja sama ini akan dapat memenuhi dan memberikan pelayanan yang inovatif bagi para pelanggan kami di seluruh Indonesia dengan cepat, efektif dan efisien yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak," papar Sugiono.

Menurut Wolfgang Baier, Group CEO SingPost, Indonesia akan menjadi konsumen terbesar ketiga di dunia setelah China dan India serta ekonomi urutan ketujuh terbesar di seluruh dunia.

"Sebagai perusahaan regional yang mendorong pertumbuhan ecommerce, penting bagi kami untuk menemukan rekan bisnis yang baik di pasar negara berkembang," ujarnya.

"Trikomsel memiliki akses dan jangkauan distribusi ritel yang luas di seluruh Indonesia. Trikomsel akan dapat memanfaatkan keahlian kami dalam bidang logistik ecommerce serta inisiatif dan platform bisnis kami untuk mengembangkan bisnisnya," ujarnya lebih lanjut.

Sejak didirikan di Jakarta pada 1996, Trikomsel telah menjadi salah satu perusahaan distributor dan peritel produk telekomunikasi terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan gerai ritel OkeShop dan Global Teleshop kurang lebih 1.000 outlet dan melayani ribuan peritel pihak ketiga yang tersebar di seluruh Indonesia.

Trikomsel pun akhirnya mencoba lebih ekspansif dengan mencari pendanaan di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2009 dengan kode emiten TRIO. Kini, perusahaan itu telah memiliki kapitalisasi pasar Rp 7,25 triliun per 27 Februari 2015 . Pada 30 September 2014, total penjualan bersih Trikomsel tercatat sebesar Rp 8,10 triliun.

Sementara SingPost sendiri dalam mengembangkan bisnis e-commerce di wilayah Asia Pasifik, sejauh ini telah beroperasi di 15 negara. ‎Hal itulah yang membuat Trikomsel kepincut untuk bermitra, dan bukan tak mungkin ikut melebarkan sayap bisnisnya di mancanegara.

(DetikINET)

0 komentar: